PERINGATAN HARI KOPERASI NASIONAL KE-72 TAHUN 2019 Tingkat kabupaten

authorAdministrator date23 Juli 2019 comments48 Dilihat

Melalui tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0 menjadi sebuah tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian kita, tidak hanya sekedar mengubah cara bisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi melainkan menyangkut persoalan mindset serta perubahan dalam sistem tata kelola. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM dan BPS, tahun 2014 kontribusi koperasi terhadap pembentukan PDB Nasional sebesar 1,71 persen, dan pada tahun 2018 sudah meningkat tajam menjadi 5,1 persen.

Untuk itu koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail on-line dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya”, ujar Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M yang diwakili oleh Wakil Bupati Edward Antony saat membacakan sambutan tertulis Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia AAGN Puspayoga pada Upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-72 Tingkat Kabupaten Way Kanan di Lapangan Pemerintah Daerah Kabupaten ini, Senin (22/07/2019).

                   

 Pada sambutan tersebut juga disampaikan harapan agar gerakan koperasi dapat merangkul generasi millenial yang saat ini jumlahnya telah mencapai sepertiga dari totalitas penduduk Indonesia. Selain itu, dalam 5 Tahun ini Kementerian Koperasi dan UKM telah melaksanakan Reformasi Total koperasi yaitu dengan Reorientasi dimana merubah mindset dari orientasi pada jumlah (kuantitas) menjadi mutu (kualitas), sehingga kebijakan lebih diarahkan untuk memperkuat mutu koperasi. Selanjutnya dengan Rehabilitasi dimana telah dilakukan penguatan sistem database koperas, sehingga koperasi yang terdata hanya yang benar-benar sehat saja. Dan berdasarkan data sampai dengan bulan Juni 2019 tercatat sebanyak 126.343 unit menurun jumlah tersebut dari data yang tersedia tahun 2014 sebesar 212.570 unit.

                              

                              

                           

“Selain itu melalui pengembangan dengan meningkatkan kapasitas koperasi sebagai badan usaha berbasis anggota yang sehat,kuat, mandiri dan tangguh juga sebagai salah satu dari Refrmasi Total Koperasi yang dilakukan Kemenkop. Dimana saat ini koperasi telah berhasil memasuki bursa efek, penyalur Kredit Usaha Rakyat (UKR), masuk peringkat 1 dunia pada kategori usaha Jasa lainnya, dan peringkat 94 untuk 300 koperasi Besar Dunia. Telah dibentuk cooperative incorporated yang pada tahap awal ini akan melaksanakan program Pembangunan Kawasan Bisnis Tugu Koperasi di Tasikmalaya”, lanjutnya pada Upacara yang juga diikuti dan dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, kepala dan unsur DPRD, Isnpektorat Daerah Kabupaten, SKPD, Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten, Instansi Vertikal, Camat Se-Kabupaten Way Kanan, Ketua Dharma Wanita Persatuan dan Organisasi Wanita Lainnya.

                      

                                 

 

                          

Diketahui, pada Upacara tersebut juga Wakil Bupati Edward Antony menyerahkan penghargaan dan penyematan Lencana Karya Bhakti Koperasi Tingkat Nasional Tahun 2019 kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Drs. Akhmad Basyar, AH.,M.M dan H. Raden Kalbadi Ali.Selanjutnya, penghargaan juga diberikan kepada Koperasi Petani Tebu Rakyat Raja Pemuka Manis sebagai Koperasi Produsen Berprestasi Tingkat Nasional. Penyerahan Penghargaan kepada Notaris Teraktif yaitu Notaris Agus Zulkarnaik, S.H.,M.Kn dan Notaris Syamsyi Duh, S.H.,M.Kn.

                          

Sementara untuk Penghargaan Koperasi dan UKM Beprestasi Tingkat Kabupaten Way Kanan diberikan kepada Koperasi Baitul Tamail Muhammadyah, Koperasi Serba Usaha (KSU) Maju Bersama dan Koperasi Kartika Walet Hitam. Sedangkan pada Usaha Mikro Perorangan diberikan kepada Ihsan Ridwan untuk UKM Coffe NA (Kopo Bubuk Petik Merah) Kelurahan Pasar Banjit Kecamatan Banjit dan Siti Masrum untuk UKM Es Dekla (Kelapa Muda Rumput Laut) Kampung Bumi Harjo Kecamatan Buay Bahuga.

Selain penghargaan, juga diserahkan Sertifikat Tanah Perkarangan Milik UKM, Penyerahan Prasasti Pasar Koperasi kepada Kampung Tanjung Rejo Kecamatan Negeri Agung dan Penyerahan Bantuan Kementerian Koperasi kepada Wirausaha Pemula sebesar Rp 12 Juta masing-masing kepada Ali Muktadir, Miwa Aga Rama dan Halimatus. dan dalam hal ini Merupakan Salah Satu Penghargaan Atas Capaian Koperasi Berprestasi Pemerintah Mengaspresiasi

      

Foto Bersama Fokorfimda  dengan para Penerima Penghargaan.

 

 

 

 

 Editing: Fertymy

Tag :